Kamis, 15 Juli 2010

Lomba Menulis Cerpen

Hai Vixxers…bulan Juli sudah berjalan separo tapi kok Vixxio sepi-sepi aja ya? Gak ada kegiatan yang asyik buat para Vixxers? Itu bukan karena kami lagi kekeringan ide, tapi karena lumayan sibuk aja. Nah, kali ini Vixxio kembali bekerja sama dengan blog Sang Cerpenis Bercerita akan mengadakan sebuah kompetisi yaitu:

LOMBA MENULIS CERPEN

Lomba ini diadakan untuk memeriahkan posting ke 1000 yang akan dicapai blog Sang Cerpenis Bercerita tak lama lagi, sekaligus untuk memberi kesempatan bagi banyak penulis pemula untuk mengasah kemampuan menulis kisah fiksi. Siapa tahu, dari menulis cerpen, lama-lama kalian akan mampu menghasilkan sebuah novel?

Makanya, jangan ragu-ragu deh…ikutlah berkompetisi. Toh tak ada ruginya kalaupun tidak menang, kalian bisa menimba pengalaman. O ya, nantinya akan ada 5 orang pemenang, yang masing-masing akan mendapat 1 buah buku gratis sesuai pilihannya.

Memang, dibandingkan dengan lomba-lomba lain yang mungkin hadiahnya berupa uang tunai atau hadiah lain yang lebih berharga, lomba yang kami adakan kayaknya hadiahnya kok kecil amat. Itu karena kami lebih mementingkan kesempatan untuk menulis dan berkarya, dan bagaimana hasil karyamu bisa dinikmati dan diapresiasi.

Tema cerpennya: dunia orang cacat. Maksudnya disini bukan harus menceritakan khusus dunia orang cacat yang mengibakan dan mengharukan, namun di cerpen itu harus ada unsur tema ‘cacat’. Mungkin salah satu tokohnya ada yang cacat, umpamanya. Entah cacat mental atau cacat fisik. Nuansa ceritanya boleh aja romantis, kocak, sedih, serius. Juga boleh bergenre remaja atau umum. Pokoknya, galilah sedalam dan seluas mungkin imajinasimu. Ayukk!

Detail lombanya (seperti yang sudah diposting disini):

1. Buat sebuah cerpen dengan tema : dunia orang cacat (boleh cacat secara fisik maupun cacat mental). Boleh berupa cerpen remaja ataupun cerpen umum (dewasa). Tetapi tidak boleh mengandung unsur pornografi dan SARA.

2. Jumlah halaman maksimal 5 halaman quarto. Minimal 3 halaman quarto, dengan tipe huruf 12 Times New Roman, spasi dobel.

3. Cerpen harus dibuat dalam bahasa Indonesia dan harus karya sendiri. Dilarang keras nyontek, dan belum pernah dipublikasi baik di blog sendiri maupun media cetak/media online lainnya.

4. Setiap peserta hanya boleh mengirim satu cerpen.

5. Posting cerpen yang dilombakan di blog kalian dan jangan lupa cantumkan link blog Sang cerpenis dan link VIXXIO sebagai penyelenggara lomba. Pencantuman link bukan untuk menaikkan traffic or PR tapi hanya untuk mengundang orang agar semakin banyak blogger lain yang ikut serta. Kalau link gak dicantumin, gimana orang tahu ada lomba ya? Peserta yang tidak mencantumkan link, dinyatakan gugur.

6. Peserta harus mempunyai alamat di Indonesia untuk memudahkan pengiriman hadiah bila menang.

7. Jangka waktu lomba terhitung sejak tanggal 16 Juli 2010 sampai tanggal 16 Agustus 2010 (jam 12 siang).

8. Hadiah bagi para pemenang berupa :

- 3 buah novel koleksi Sang Cerpenis yaitu :

The sweetest kickoff karya Wiwien Winarto
Project Pink karya Retni SB.
Larasati karya Pramoedya Ananta Toer

- 2 buah novel dari Vixxio yaitu :

Magnificent karya aL Dhimas
Rahasia Bulan (Kumcer) karya beberapa penulis : Clara Ng, Andrei Aksana,
Alberthiene Endah, Djenar Maesa Ayu, Indra Herlambang, dll

9. Pilih 1 novel yang kamu inginkan. Kemenangan juga ditentukan oleh pemilihan novel lho. Semakin banyak sebuah novel dipilih oleh para peserta maka itu berarti kompetitornya semakin banyak. Dan, hanya peserta dengan cerpen terbaik yang akan menjadi pemenangnya. Peserta yang tidak mencantumkan novel yang dipilihnya, dianggap gugur.

10. Peserta harap mencantumkan link postingan di kolom komentar artikel ini, karena saya tidak membuat Daftar Peserta Lomba. Juri akan menilai cerpen kalian dengan mengunjungi blog yang berisi postingan cerpen yang dilombakan. Tentu saja bila sudah mendaftar dan menaruh link cerpen di kolom komentar artikel ini.

11. Juri lomba : Fanny dan Fanda

12. Pengumuman pemenang akan dilakukan tanggal 17 Agustus 2010 (jam 17.00)

13. Para pemenang harap mengirimkan nama dan alamat lengkap ke email yang akan diberitahukan kemudian. Penulisan nama dan alamat lengkap ini penting, karena bila hadiah kembali dengan alasan alamat tak dikenal, maka dianggap gugur.

5 komentar:

annie mengatakan...

ada lomba cerpen nih ... oke nyari ide dulu. Trims, yaaa!
Oya, buku hadiah quiz sudah saya terima. Thanx

ajengdewie mengatakan...

Wah, Ada lomba lagi... sipp... Mau nyari inspirasi dulu ah.. :)

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Ada lomba lagi nih...
bukan nilai hadiahnya yang penting, namun makna persahabatan antara sesama warga bloghospere itu yang paling penting.

Unknown mengatakan...

iya ya..pada kemana nih peserta lombanya?

Sinta Nisfuanna mengatakan...

yah telat